Kenali Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Protein!!!

Protein merupakan salah satu zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selain vitamin, karbohidrat, mineral dan sebagainya. Peran protein sangat penting dalam tubuh terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu juga pada orang dewasa untuk organ otot, saraf, sistem imun tubuh dan sebagainya. Perlu kita ketahui tanda-tanda tubuh kekurangan protein. Mari kita simak penjelasan berikut.


1.    Rambut Menipis
Selain faktor genetik kekurangan protein bisa menjadi salah satu faktor penyebab menipisnya rambut. Ketika tubuh kekurangan protein, tubuh akan berhenti mentransfer protein kerambut dan kuku, itu sebabnya kesehatan rambut dan kuku menjadi indikator penting dalam mengenali kesehatan anda.

2.    Anemia dan mata bengkak
Ketika suplai protein berkurang jumlah protein plasma dalam darah akan menurun yang bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam hati sehingga produksi hemoglobin akan menurun dan akan menyebabkan anemia serta pembengkakan mata.

3.    Cepat lelah
Tubuh akan merasa kelelahan akibat aktifitas padat ataupun kurang tidur. Tetapi bisa juga disebabkan oleh kekurangan protein sehingga energi anda berkurang. Protein berperan penting sebagai penstabil gula darah dalam tubuh dan meningkatkan ketajaman mental serta respon tubuh. Jika anda mengalami kelelahan dan kurang berenergi suplai protein yang cukup.

4.    Penurunan ukuran otot
apabila anda mengalami kekurangan protein dalam tubuh, gejala yang bisa anda rasakan adalah menurunnya ukuran otot anda, karena protein penyusun otot akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk itu tingkatkan asupan protein anda.

5.    Mudah sakit
Kekurangan protein akan mengakibatkan tubuh mengalami berbagai serangan penyakit, karena peran protein dalam tubuh sangat banyak sekali terutama untuk membantu produksi antibodi atau kekebalan tubuh, ada baiknya anda suplai kembali protein dari makanan-makanan yang bergizi tinggi. Beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi antara lain adalah legum(kacang-kacangan), telur dan biji-bijian.


Itulah beberapa tips serta ulasan singkat mengenai “Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Protein” mudah-mudahan bermanfaat dan salam-sehat!!!

Sumber foto/gambar: duniafitnes.com

Related Posts:

0 Response to "Kenali Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Protein!!!"

Post a Comment

Silahkan pos komentar anda!!!